Senin, 25 April 2011

SISTIM PENGECATAN AUTOMOTIVE

www.paintermateind.com           Sistim pengecatan pada kendaraan khususnya mobil bekembang pesat seiring dengan berubahnya pola pembuatan mobil dengan sistim manual (karoseri) ke assembling dengan konsep full press body.
Pada cara karoseri tenaga ahli pendempulan sangat berperan penting untuk hasil akhir pada kendaraan.
Itulah masa keemasan profesi tukang cat mobil;banyak dicari dan bergaji tinggi dan usaha bengkel cat Duco adalah usaha yang menjanjikan.
Disamping  pada masa itu resiko kegagalan pengecatan sangat kecil karena masih memakai cat berbahan dasar Nitrocelulose;baik untuk Primer maupun Cat Finish;juga warna2 metalic belum muncul.
Memasuki awal tahun 90"an era pengecatan memasuki fase transisi dengan diperkenalkannya sistim 2 Komponen baik untuk Primer ( Epoxy Primer dan Epoxy Filler) maupun cat Finish (PU solid 2 K dan Vernis PU 2 K) juga muncul warna2 metalic.
Masalah mulai timbul dengan terjadinya warna belang dan mengkerut,pecah atau keritingnya cat lama,sehingga menimbulkan kerugian bahan,tenaga dan waktu pengecatan.Transisi makin sulit karena tidak siapnya bengkel dengan sistim tersebut yang membutuhkan ruang tertutup (Oven Spray Booth).
Karena pengecatan metalic membutuhkan cara extending (yaitu pengabutan untuk gradasi warna yang cukup jauh).Tampa ruang pengecatan khusus pemilik mobil akan protes karena bagian lain yang masih baik akan terkena pengecatan gradasi (walaupun itu teknik yang dianjurkan untuk pengecatan sisip/spot repair).

Terjadinya kerusuhan tahun 1998 menggariahkan perusahaan suransi kendaraan,mula2 asuransi Total Loss kemudian asuransi gencar memasarkan produk All Risk.AsuransiTotal Loss tidak langsung berhubungan dengan bengkel karena biasanya mobil2 yang rusak dilelang.
Turunnya suku bunga Bank membuat konsumen memudahkan  membeli mobil dengan cara kredit yng mensyaratkn asuransi All Risk.Inilah cikal bakal runtuhnya bengkel umum kecil yang tidak dapat memenuhi syarat bengkel rekanan asuransi,sehingga tukang cat mobil menjadi bagian dari rangkaian suatu produksi dan bukan lagi suatu tenaga ahli.Pengecatan dan perbaikan mobil menambah satu rangkaian pengambil keuntungan yaitu perusahaan asuransi,juga menambah tekanan jasa pengecatan menjadi lebih murah.Efeknya banyak bengkel asuransi membuat kecurangan dengan menambah panel yang seharusnya tidak dicat dimasukan dalam klaim dengan bekerjasama dengan tukang klaim.

KEGAGALAN PENGECATAN KENDARAAN

1.Mengkerut/pecah
2.Meleleh
3.Warna belang
4.Bintik
5.Panuan
6.Sisip tidak nyambung
7.Warna berubah setelah beberapa bulan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar